IG twitter facebook

Humor - humor Sufi : Delegasi

Labels:
Maulana Arsyad Faiz adalah seorang khatib yang fasih sekaligus darwisy yang suka meminta-minta. Suatu hari, Raja memanggilnya ke istananya dan berkata:

"Atas usulan para menteriku, aku utus kamu sebagai delegasi ke istana Syah Syoja di Syiraz. Namun aku ingin kamu berjanji tidak akan meminta-minta selama berada di sana."

Maulana melakukan apa yang diminta dan pergi menuju Syiraz.

Setelah selesai misinya yang berhasil itu, dia disapa oleh Syeh dari Syiraz:

"Kemasyhuran khutbahmu sampai ke negeri kami dan membuat kami ingin mendengarkan salah satu khutbahmu."

Maulana setuju.

Pada hari yang ditentukan, hari Jum'at, dia naik mimbar dan menyampaikan khutbah yang menyentuh perasaan, sampai orang-orang meneteskan air mata. Tetapi sebelum meninggalkan mimbar, tiba-tiba dia tidak bisa menahan diri lagi untuk tidak meminta-minta, dia berkata:

"Wahai kaum Muslimin! Sampai beberapa minggu lalu aku biasa meminta-minta. Namun sebelum berangkat ke sini mereka meminta aku bersumpah tidak akan meminta-minta selama berada di kota Anda. Aku bertanya kepada kalian, saudara-saudaraku, kalau aku telah disumpah untuk tidak meminta-minta, apakah kalian juga telah disumpah untuk tidak memberiku apa-apa?"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site List

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

About Me